Meski bukan merupakan bahasa ibu, namun mempelajari bahasa asing seperti Bahasa Inggris memiliki keuntungan tersendiri. Kesempatan berkarir di luar negeri, mengembangkan kemampuan secara internasional mau tidak mau membuat seseorang harus mengasah kemampuan berbahasa Inggrisnya. Dari polling kecil-kecilan yang dilakukan oleh The British Institute ( TBI), ternyata 82 persen dari peserta polling menganggap kebutuhan berbahasa Inggris adalah primer. Sebab, banyak sekali kesempatan untuk mengembangkan diri diantaranya cakap berbahasa asing. Misalnya, Rapper kawakan Indonesia Yacko yang membagikan pengalamannya di acara "37th Anniversary TBI: Talkshow Belajar Bahasa Inggris: Primer atau Sekunder?" Agar bisa berkembang ke luar negeri Yacko mengatakan, selama ini untuk menulis lagu saja dirinya perlu riset mendalam. "Misal nih, mengenai kekerasan seksual. Nah aku cari materinya kan kemana-mana. Perform juga perlu bahasa Inggris biar makna dan pesan dari lagu ku bisa sampai ke penonton," ujar dia. Ia mengatakan, beberapa lagunya ada yang ditulis dengan lirik Bahasa Indonesia. Namun, untuk biografinya tetap ditulis berbahasa Inggris. Baca juga: TBI Hasilkan Lulusan Berdaya Saing Global "Ini memberikan kesempatan diri aku agar bisa berkembang ke luar negeri. Pernah ada undangan ke salah satu negara, tawaran kerjaan brand dari luar negeri, kemudian klien dari perusahaan kosmetik yang menggunakan bahasa Inggris. Dari situ, mengapa bahasa Inggris itu emang perlu dipelajari," kata dia. Yacko juga menyinggung salah satu aplikasi yang sedang booming, yakni Clubhouse. Aplikasi ini, kata Yacko berisi banyak cara untuk personal branding, marketing, dan ilmu lain yang bisa diambil. "Hanya, disini kan pakai bahasa Inggris. Jadi, sekalian aja belajar conversation juga," kata dia. 3 keuntungan bisa bahasa Inggris Selain Yacko, pengalaman perlunya mempelajari bahasa Inggris juga datang dari founder of Indonesian Social Blogpreneur Community, Anita Berta. Ada tiga hal, keuntungan bisa berbahasa Inggris. Kata Anita, tiga hal itu sebagai berikut:

  1. Memahami fitur digital yang kini semakin banyak beredar.
  2. Karena Indonesia masih menerapkan Pendidikan Jarak Jauh ( PJJ), orangtua memerlukan konten menarik untuk anak. Hanya, kadang konten menarik bisa didapatkan dari luar negeri dan itupun berbahasa Inggris.
  3. Peluang dan kesempatan karir lebih luas. Bahasa Inggris, menjadi kebutuhan pokok seorang blogger yang ingin mendapat kesempatan bekerja di luar negeri.

"Pernah saya dapat tawaran mengisi website bilingual di luar negeri. Yah, itu pengalaman yang luar biasa. Termasuk, mewakili bloger se dunia di salah satu acara di Singapore," kata dia. Ia mengatakan, bagi seorang blogger mungkin saja tidak masalah jika conversationnya tidak terlalu mulus. Selama, orang yang diajak bicara paham akan maksud pembicaraan yang ada. "Namun bagi saya, yang pekerjaannya di dunia menulis tentu harus kuat literasinya. Grammarnya harus benar, dan perfect," kata dia. Kata-kata Ani, dibenarkan oleh Head of Connext Edward Irwan. "Selain untuk mengembamgkan karir, dulu mau meeting dengan orang luar negeri ga setiap hari. Selama pandemi, memudahkan untuk meeting jadinya hampir setiap hari meeting. Di company kami, hampir setiap waktu begitu," kata dia. Apalagi, perusahaannya dan semua pegawai yang ada memerlukan personal branding yang kuat maka bahasa Inggris menjadi hal yang pokok. "Kadang, orang tidak paham jika personal branding itu penting. Makanya, dengan branding yang tepat ya kesempatan yang luas juga semakin besar," ujar dia. Baca juga: Berapa Usia Ideal Anak Belajar Bahasa Inggris? Untuk itu, ketiganya juga mengatakan jika belajar bahasa Inggris tak bisa belajar sendiri. "Harus dibantu teman yang se frekuensi yang mau diajak belajar bahasa Inggris bersama. Agar ada feedback-nya," ujar Yacko. Edward dan Ani pun juga menyarankan jika ingin mengasah bahasa Inggris, harus dibarengi motivasi. Atau, datang ke tutor bahasa Inggris yang profesional. "Kalau belajar sendiri, tetap ada kekurangan. Datang ke tutor atau lembaga kursus yang tepat, itu langkah yang baik," tutup Ani.

Sumber : https://edukasi.kompas.com/read/2021/02/20/091512371/tak-cuma-menambah-peluang-ini-3-keuntungan-belajar-bahasa-inggris?page=all#page2.