Apa saja operasi-operasi dalam himpunan akan kita bahas bersama dalam Rumus Matematika kali ini. 

Terdapat beberapa operasi himpunan yang harus kita ketahui, yaitu irisan, gabungan, komplemen, selisih serta beda setangkup. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak bersama penjelasan dari setiap operasi himpunan berikut ini.

IRISAN (INTERSECTION)

Notasi dari irisan dua buah himpunan adalah tanda “∩”. Kita ambil contoh, misalnya A dan B merupakan himpunan yang tidak saling lepas, sehingga A∩B = {x|x∈A dan x∈B}. Pernyataan irisan tersebut jika kita nyatakan dalam diagram Venn yaitu sebagai berikut.Perhatikan contoh berikut.

Misalkan A={1,4,6,8,9} dan B={2,4,6,7} maka A∩B={4,6}.

Misalkan A merupakan himpunan mahasiswi Matematika UI dan B merupakan himpunan wanita lanjut usia (60 tahun keatas), maka A∩B=Ø. Hal ini menunjukan bahwa A dan B saling lepas atau A ⁄ ⁄B.

GABUNGAN (UNION)

Notasi untuk gabungan dua buah himpunan yaitu “∪”. Misalnya A dan B merupakan sebuah himpunan, maka A∪B={x|x∈A atau x∈B}. Yang jika dinyatakan dalam diagram venn sebagai berikut.

Perhatikan contoh berikut.

Jika A={1,2,5,8,9} dan B={2,3,4,5} maka A∪B={1,2,3,4,5,8,9}

A∪Ø=A

KOMPLEMEN (COMPLEMENT)

Komplemen dari suatu himpunan adalah unsur-unsur yang ada pada himpunan universal (semesta pembicaraan) kecuali anggota himpunan tersebut. Misalnya A adalah himpunan yang berada pada semesta pembicaraan U, maka komplemen dari himpunan A dinotasikan sebagai berikut.

Ac = {x|x∈U dan x∉A}

Perhatikan contoh berikut.

Misalkan U={1,2,3,4,…,9}

Jika A={1,2,4}, maka Ac ={3,5,6,7,8,9}

Jika A={x∈U|x habis dibagi dua}, maka Ac ={1,3,5,7,9}