Pada tahun 2002 di Kecamatan Talang hanya sebagian Lulusan SD/MI yang  dapat ditampung di SMP Negeri. Sebagian besar mereka memilih sekolah swasta dan itupun tidak mampu menampung semua lulusan SD/MI yang berada di Kecamatan Talang, khususnya di Desa Kaladawa, Kaligayam, Pacul, Getaskerep dan desa-desa lain. Banyak siswa SD/MI yang terpaksa berhenti sekolah karena jarak yang ditempuh untuk ke SMP terlalu jauh bagi mereka.
     Untuk meningkatkan kualitas SDM di Kecamatan Talang dan guna mensukseskan program wajib belajar 9 tahun, maka di lokasi di tanah bengkok Desa Kaladawa pada Tahun 2003 seluas 6020m2 didirikan bangunan SMP Negeri 3 Talang. Pembangunan dibiayai dana hibah Bank
Dunia dengan mekanisme partisipasi masyarakat (Block Grant). Pembangunan dimulai tanggal 24 Juni 2003 dan diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah Tanggal 31 Desember 2003. Biaya Pembangunan 1,2M yang meliputi 6 ruang kelas, ruang administrasi, ruang guru, ruang serbaguna, ruang laboratorium IPA, ruang Perpustakaan, Mushola, Rumas Kasek, Rumah Penjaga lengkap dengan isinya.
       Tahun pertama di buka pendaftaran SMP Negeri 3 Talang hanya mampu meraih sejumlah siswa 110 anak dengan lokasi ruang yang dipakai sebanyak 3 kelas. Tetapi sebelum bangunan SMP Negeri 3 Talang ditempati siswa baru SMP Negeri 3 Talang masih belajar menempati gedung SMP Negeri 2 Talang. Sekitar 3 bulan kemudian, barulah gedung baru SMP Negeri 3 Talang Kabupaten Tegal yang berlokasi di Desa Kaladawa dapat ditempati. Seiring perkembangan zaman di tahun berikutnya peminat ke SMP Negeri 3 Talang semakin banyak dibuktikan dengan pendaftar tahun 2004 sejumlah 218 siswa, yang memaksa sekolah harus mendirikan bangunan kelas yang baru untuk memenuhinya.
       Kemudian mulai tahun 2004 didirikan bangunan-bangunan kelas yang lain untuk memenuhi kebutuhan kelas yang tercukupi. Sekarang Tahun 2008 telah ada ruang kelas sejumlah 15 lokal. Untuk kelas IX sejumlah 4 lokal, kelas VIII sejumlah 5 lokal dan kelas VIII sejumlah 6 lokal. Berbagai fasilitas sekolahpun mulai dilengkapi tahun 2006 pendirian lab. komputer dan ruang keterampilan tata busana serta pada tahun 2007 didirikan tower internet jardiknas dan ruang multimedia pembelajaran. Seiring dengan perkembangan waktu tahun 2009 di bangun laboratorium IPA dan penambahan ruang kelas menjadi 17 lokal. Tahun-tahun berikutnya juga mengalami penambahan ruang kelas, sehingga sampai 2013 terdapat ruang kelas sejumlah 19 ruang.
       Itulah sekilas sejarah singkat SMP Negeri 3 Talang yang sering waktu terus mengalirkan sejarah-sejarah yang baru. Terima kasih.