Guru PenggerakApa Guru Penggerak itu ?

Guru penggerak adalah mereka semua yang dianggap mampu untuk memberikan inspirasi kepada orang lain dalam upaya peningkatan kualitas dirinya sendiri maupun murid di sekitarnya agar menjadi individu yang lebih berkualitas dalam aspek kognitif, psikomotorik dan afektif para murid. Guru yang mampu menggerakan dirinya sendiri (drive). Guru seperti ini selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan dirinya (soft skill) dan mempunyai motivasi tinggi dalam bekerja sebagai pendidik. Dia bekerja dari dalam hatinya dan menyadari bahwa panggilan menjadi guru bukanlah semata suatu pekerjaan seperti halnya profesi yang lainnya.

Dalam dunia pendidikan, seorang guru akan mewarnai perjalanan anak didiknya untuk meraih mimpi dan cita cita mereka. Guru ini tahu bahwa di kehidupan nyata setelah bersekolah ada tantangan besar yang akan dihadapi oleh anak didiknya (need) di masa depan.

Siapa dan apa yang harus digerakkan oleh guru penggerak ?

Sebutan Guru profesional bagi guru penggerak, sudah pasti tercakup di dalamnya, dimana guru sebagai suatu pekerjaan profesi yaitu merencanakan pembelajaran dan pengajaran, melaksanakan pengajaran dan mengevaluasi hasil pengajaran dan pembelajaran. Ketiga hal tersebut, tentulah sangat mudah dilakukan, namun menjadi guru penggerak yang bisa menggerakkan muridnya untuk belajar mandiri, meningkatkan soft skillnya dan membuat murid bisa mengajar diri sendiri menjadi insan yang lebih bertanggung jawab, disamping juga harus bisa menggerakkan pengawas, kepala sekolah, guru-guru lain, orang tua siswa dan lingkungannya serta bagi wadah organisasi profesinya. Kunci dari semuanya itu adalah menggerakkan hati stakeholders pendidikan. Hati nurani insan pendidikan yang harus digerakkan melalui dirinya sendiri.

Bagaimana guru penggerak bisa menggerakkan perubahan pendidikan ?

 
Tuntutan global dalam dunia insdustri 4.0 serta daya saing sumber daya manusia selanjutnya bagi generasi milenial adalah motivasi yang membuat guru penggerak tahu, apa yang dibutuhkan oleh anak didiknya. Guru penggerak mampu mengantisipasi adanya perubahan global. Oleh karena itu, kunci keberhasilan dari guru penggerak adalah adanya Inovasi pengajaran dan pembelajaran. Dia selalu berusaha meningkatkan keilmuan diri untuk menjadi guru penggerak. Dia menginginkan agar semua guru dan murid menjadi bersinergi serta bergerak bersama tentang pentingnya transfer of knoweldge, Inovasi dan kreatifitas dalam pengajaran dan pembelajaran.

Siapapun diri kita ini adalah guru, guru semua anak suku bangsa Indonesia yaitu guru yang menginspirasi orang lain untuk menggerakan diri mereka betapa pentingnya Inovasi Lliterasi Pendidikan kita di masa depan. Dalam hal ini, sosok Mas Nadiem adalah juga merupakan guru penggerak, Juga Seperti Bapak Muhammad Ihsan, CEO MGI, jugalah pantas jika disebut guru penggerak yang menginspirasi para guru untuk menjadi guru penggerak dalam literasi pendidikan negeri.

Sumber : https://ekoadriwahyudiono.gurusiana.id/article/2020/4/guru-penggerak-menggerakkan-apa-siapa-dan-bagaimana-0?ba_status=not-logged&ba_status=not-logged&bima_access_status=not-logged