kurikulumKerangka Dasar Kurikulum SMP Negeri 3  Talang

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, Pasal 6 Ayat (1)  menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas 5 kelompok mata pelajaran, yaitu:

1. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia.

2. Kelompok mata perajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian

3. Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan  Tehnologi

4. Kelompok mata pelajaran estetika

5. Kelompok mata pelajaran Jasmani, Olahraga, dan  Kesehatan



Kurikulum SMP Negeri 3 Talang didasarkan pada 7 prinsip pengembangan kurikulum, yaitu :

1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.

2. Beragam dan terpadu.

3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan.

5. Menyeluruh dan berkesinambungan.

6. Belajar sepanjang hayat.

7. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah

Prinsip Pelaksanaan Kurikulum SMP Negeri 3 Talang

Dalam pelaksanaan kurikulum di sekolah kami menggunakan prinsip-prinsip sebagai berikut :

a. Pelaksanaan kurikulum didasarkan pada potensi, perkembangan dan kondisi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang berguna bagi dirinya.

b. Kurikulum dilaksanakan dengan menegakkan kelima pilar belajar, yaitu:

   (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,

   (b) belajar untuk memahami dan menghayati,

   (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif,

   (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan

   (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri, melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif,
        dan menyenangkan.

c. Pelaksanaan kurikulum memungkinkan peserta didik mendapat pelayanan yang bersifat perbaikan, dan pengayaan sesuai dengan potensi, tahap perkembangan, dan kondisi peserta didik dengan tetap memperhatikan keterpaduan pengembangan pribadi peserta didik yang berdimensi ke-Tuhanan, keindividuan, kesosialan, dan moral.

d. Kurikulum dilaksanakan dalam suasana hubungan peserta didik dan pendidik yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka, dan hangat, dengan prinsip tut wuri handayani, ing madia mangun karsa, ing ngarsa sung tulada (di belakang memberikan daya dan kekuatan, di tengah membangun semangat dan prakarsa, di depan memberikan contoh dan teladan).

e. Kurikulum dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, dengan prinsip alam takambang jadi guru (semua yang terjadi, tergelar dan berkembang di masyarakat dan lingkungan sekitar serta lingkungan alam semesta dijadikan sumber belajar, contoh dan teladan).

f. Kurikulum dilaksanakan dengan mendayagunakan kondisi alam, sosial dan budaya serta kekayaan daerah untuk keberhasilan pendidikan dengan muatan seluruh bahan kajian secara optimal.
g. Kurikulum yang mencakup seluruh komponen kompetensi mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri diselenggarakan dalam keseimbangan, keterkaitan, dan kesinambungan yang cocok dan memadai antarkelas dan jenis serta jenjang pendidikan


Muatan lokal di SMP Negeri 3 Talang
Muatan lokal di SMP Negeri 3 Talang disesuaikan dengan kebutuhan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat dan kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran. (Bahasa Jawa untuk daerah Jawa Tengah dan Pertiwi Tata Boga untuk daerah Kab, Tegal)      


Struktur Kurikulum SMP Negeri 3 Talang

1. Kurikulum memuat 10 Mata Pelajaran, Muatan Lokal, dan Pengembangan Diri.

2. Substansi mata pelajaran IPA dan IPS (terpadu)

3. Penambahan jam pelajaran 4 jam pelajaran setiap minggu, yaitu 1 (satu) Jam pada mapel Matematika kelas VII dan IX, Bahasa Inggris kelas VII, VIII, 1(satu) jam pada mapel IPA kelas VIII, IX Bahasa Indonesia dan IPS Khusus kelas IX.

5. Alokasi waktu satu jam pelajaran 40 menit

6. Minggu efektif dalam satu tahun (2 semester) adalah 34 minggu

7. Jumlah jam pertahun : 34 x 36 jam = 1224 jam / tahun


Pelaksanaan kurikulum  SMP Negeri 3 Talang memungkinkan peserta didik mendapat pelayanan yang bersifat perbaikan, pengayaan, sesuai dengan potensi, tahap perkembangan, dan kondisi peserta didik dengan tetap memperhatikan keterpaduan pengembangan pribadi peserta didik yang berdimensi ke-Tuhanan, keindividuan, kesosialan, dan moral.


Bimbingan dan Konseling

1. Kegiatan BK diperuntukkan bagi semua peserta didik.
2. Kegiatan BK diorganisasikan / diprogram. (Perencanaan,Pelaksanaan, Evaluasi, Tindak lanjut)

Ekstra Kurikuler di SMP Negeri 3 Talang

1. Ekstra kurikuler disesuaikan dengan bakat,  minat,  jenis kelamin, dan,tingkat perkembangan (usia) peserta didik, serta budaya setempat.

2. Kegiatan ekstra kurikuler diorganisasikan / diprogram. (Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Tindak lanjut)